Asesmen Lapangan Program Studi S3 Pendidikan Vokasi Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Program Studi S3 Pendidikan Vokasi Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (UNESA) baru saja melaksanakan asesmen lapangan yang merupakan bagian dari proses akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAM Kependidikan). Asesmen lapangan yang berlangsung pada tanggal 22 - 23 November 2024 ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Rektor UNESA, Wakil Rektor Bidang I UNESA, Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UNESA, serta jajaran pimpinan Sekolah Pascasarjana dan tim Task Force Program Studi S3 Pendidikan Vokasi. Selain itu, para dosen dan tim GPM (Gugus Penjaminan Mutu) Sekolah Pascasarjana UNESA turut hadir dalam kegiatan ini.
Pelaksanaan asesmen lapangan ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan dan kesiapan Program Studi S3 Pendidikan Vokasi Sekolah Pascasarjana UNESA dalam memenuhi standar nasional pendidikan tinggi. Sebagai bagian dari proses akreditasi, asesmen lapangan ini juga memberikan kesempatan bagi para asesor untuk menilai berbagai aspek penting dari program studi, mulai dari kurikulum, kualitas pengajaran, fasilitas, hingga dukungan riset dan pengabdian kepada masyarakat. Pada hari pertama, asesmen dimulai dengan presentasi dari Koordinator Program Studi S3 Pendidikan Vokasi Sekolah, Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si. Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si. memaparkan visi keilmuan dan strategi dari program studi S3 Pendidikan Vokasi yang merupakan program studi multidisiplin yang berbasis kewirausahaan. Setelah presentasi, asesmen dilanjutkan dengan wawancara mendalam dengan sejumlah dosen pengampu mata kuliah, mahasiswa aktif, serta alumni yang telah menyelesaikan program studi. Prof. Dr. Asep Yudi Permana dan Prof. Dr. Syahrul bertanya tentang pengalaman akademik, metodologi pembelajaran yang diterapkan, serta pengaruh program studi terhadap perkembangan karier para peserta didik.
Salah satu poin penting yang menjadi perhatian dalam asesmen adalah kelengkapan dan kesiapan program studi dalam menyediakan fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar. Dalam hal ini, UNESA menunjukkan komitmen yang tinggi dengan menghadirkan fasilitas ruang kuliah yang modern, laboratorium yang memadai, serta akses ke berbagai sumber daya pembelajaran digital. Tidak hanya itu, UNESA juga menunjukkan upaya yang signifikan dalam meningkatkan kapasitas para dosen melalui berbagai program pelatihan dan peningkatan kompetensi.
Pelaksanaan asesmen lapangan ini menunjukkan bahwa Program Studi S3 Pendidikan Vokasi Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya telah mempersiapkan diri dengan baik untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh LAM Kependidikan. Keberhasilan dalam proses asesmen ini diharapkan dapat berujung pada akreditasi yang lebih baik, yang pada gilirannya akan semakin memperkuat posisi UNESA sebagai salah satu perguruan tinggi terdepan dalam pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia. Hasil asesmen lapangan ini diharapkan dapat menjadi langkah penting menuju peningkatan kualitas dan akreditasi yang lebih tinggi bagi program studi, yang pada akhirnya akan memperkuat posisi UNESA sebagai salah satu perguruan tinggi unggul di bidang pendidikan vokasi.